Monday, November 12, 2012

Anggrek Harum

Keharuman Vanilla planifolia sangat disukai banyak orang. Selain harum semerbak setiap saat juga bisa melezatkan makanan.

Vanilla planifolia
Apakah anda pernah mendengar nama ini? Belum? Kalau es krim vanilla? Pasti tahu! nah, kalau Vanilla planifolia itu nama latinnya tanaman vanili. Bubuk putih yang sangat harum yang biasa digunakan untuk membuat kue. Vanili bisa juga dicampur ke minuman atau menjadi salah satu campuran untuk membuat es krim vanila. Selain itu vanili punya manfaat lain sebagai bahan pembuat minyak wangi dan kosmetik. 

Tumbuhan Rambat
Tanaman vanili adalah salah satu jenis anggrek. Dari sekitar 20.000 jenis anggrek vanili merupakan satu-satunya anggrek yang bisa dimakan. Vanili termasuk tanaman merambat. Kalau tidak ada tiang untuk merambat ia akan merambat pada pohon. Bunga anggrek vanili berwarna kuning kehijauan, bunganya mekar bergerombol dan mengeluarkan aroma harum. Uniknya, bunga vanili hanya mekar sekali dalam setahun. Mekarnya pun hanya satu hari. Itupun tak sehari penuh, hanya beberapa jam saja. 
Sesudah berbunga terus berbuah. Tanaman vanili termasuk tanaman yang harus dibantu penyerbukannya. Di negara asalnya Mexico, penyerbukan vanili dibantu oleh serangga. Kalau diperkebunan, para petani lah yang membantu penyerbukannya. Kalau berhasil maka tanaman ini akan berbuah. Buahnya seperti polong. Panjangnya bisa mencapai 20 sampai 25 cm. Buah itu akan matang dalam waktu 6 bulan. Kalau sudah matang warnanya cokelat tua.

Biji Vanili
Di dalam biji vanili yang matang terdapat banyak sekali biji yang sangat kecil ukurannya. nah, biji inilah yang kemudian diolah untuk dijadikan bahan penambah keharuman dan rasa masakan.
Pengolahannya tidak mudah lho! Buah vanili yang sudah matang harus dikeringkan terlebih dahulu. Sesudah kering barulah mengeluarkan aroma dan rasa vanili. Semakin lama dikeringkan harumnya akan semakin semerbak. Karena prosesnya yang panjang itulah yang membuat vanili mahal harganya.

Pada zaman dahulu, minuman cokelat beraroma vanili jadi minuman elit di istana Ratu Elizabeth di Inggris.