Friday, November 9, 2012

Salar de Uyuni

Dataran yang asin
Tempat ini letaknya di Bolivia. dataran ini bernama Salar de Uyuni. Tempat ini merupakan padang atau gurun garam terluas di dunia. Luasnya sekitar 10.582 kilometer persegi. Kira-kira 15 kali lebih luas dari kota Jakarta. Bayangkan kalau tempat seluas ini berisi garam semua. Tentu saja Salar de Uyuni menjadi dataran yang sangat asin didunia.

Garam di gunung
Salar de Uyuni terletak di Departemen Potosi dan Oruro, bagian tenggara Bolivia, Amerika Selatan. Pepatah yang mengatakan "asam di gunung garam di laut" sepertinya tak berlaku di tempat ini. Sebab dataran garam ini berada di dekat puncak pegunungan Andes. Kok bisa dataran garam ada di ketinggian?
Menurut para ahli sekitar 40.000 tahun yang lalu Salar de Uyuni merupakan bagian dari danau besar. danau itu bernama Michin. Suatu ketika danau itu mengering dan menyusut menjadi dua danau yang lebih kecil dan dua gurun garam. Salah satunya Salar de Uyuni.

Harta karun alam
Karena keunikannya Salar de Uyuni jadi salah satu tempat tujuan wisata terkenal. Selain itu Salar de Uyuni juga kaya akan harta karun alam. Bayangkan saja, dataran ini diperkirakan mengandung 10 miliar ton garam dan 9 juta lithium. Lithium adalah bahan baku untuk membuat baterai.