Thursday, October 4, 2012

Mengenal Batik Betawi

Jakarta juga punya batik, namanya Batik Betawi! 

Tak Kenal Maka Tak Sayang
Bukan cuma Solo, Yogyakarta atau Pekalongan yang punya batik, tapi Jakarta juga. Jakarta tempo dulu pernah diramaikan dengan tempat usaha pembuatan batik yang pemiliknya orang-orang Betawi asli.
Batik ini dibuat secara rumahan dan diwariskan secara turun temurun. Daerah yang terkenal dengan usaha batiknya yaitu di Palmerah, Bendungan Hilir, Karet Tengsin, dan Kebon Kacang. Hasil dari pembatikan, menjadi barang dagangan yang dijual di pasar-pasar.
Batik dari Jakarta atau Batik Betawi mempunyai warna-warnanya yang semarak sesuai dengan selera orag Betawi yang meriah. Warna-warnanya didominasi warna-warna cerah dengan sedikit corak, seperti biru  terang, shocking pink, oranye, dan hijau.
Pengaruh kebudayaan Cina juga muncul melalui warna-warna merah, kuning terang dan ungu muda. Batik Betawi jarang menggunakan warna gelap karena menggambarkan kesedihan. Seiring dengan pertumbuhan kota, akhirnya pengrajin Batik Betawi pun hilang dari Jakarta karena dianggap tidak cocok untuk lingkungan dan popularitasnya pun tenggelam. Belakangan ini akhirnya Batik Betawi muncul kembali dengan motif-motif yang baru namun tetap dengan ciri khas Betawi.
Motif khas Batik Betawi biasanya berbentuk ondel-ondel, nusa kelapa, alat musik tanjidor, menggembala kerbau, menumbuk padi, menjala ikan, pengantin Betawi, topeng Betawi, dan sebagainya. Setelah dikembangkan, muncul juga motif Islami seperti masjid, marunda, dan lainnya.

Padu Padan Batik Betawi
  • Biasanya Batik Betawi dipadankan sebagai berikut:
  • Kain Betawi ada yang bertumpal, ada juga yang tidak. Kenakan batik bertumpal dengan posisi tumpal di tengah atau didepan. Sedangkan yang tidak bertumpal dikenakan seperti saarung.
  • Padukan dengan kebaya panjang polos diserasikan dengan tumpal atau kebaya encim yang dibordir.
  • Rambut ditata dengan konde cepol di atas atau di bawah.
  • Berikan aksen selendang untuk menutup kepala/rambut.
  • Kenakan selop tertutup.