Friday, October 5, 2012

Warna-Warni Danau Kelimutu

Menyaksikan sunrise di Danau Kelimutu sungguh memesona. Keindahan alam yang tak kan pernah ternilai harganya. Di puncak Gunung Kelimutu kita bisa menyaksikan keindahan panorama alam berupa danau dengan tiga warna yang berbeda. Tempat ini terkenal dengan nama Danau Kelimutu.
Ketiga danau itu diyakini merupakan tempat bersemayam roh-roh dan diyakini memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau paling barat bernama Tiwu Ata Mbupu yang berarti danau jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal. Danau yang berada di tengah disebut Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, artinya danau untuk jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Sementara danau paling timur disebut Tiwu Ata Polo yang berarti danau untuk jiwa-jiwa yang selalu melakukan kejahatan. warna ketiga danau tersebut selalu berubah-ubah.
Danau Kelimutu terletak di Desa Koanara, kecamatan Wolowaru, sekitar 66 km dari Kota Ende dan 83 km dari Maumere. Moni merupakan kota yang terdekat yang terletak tepat di kaki Gunung Kelimutu. Kota kecil ini merupakan basecamp para backpacker. Berikut ini beberapa tips untuk menjelajahi Danau Kelimutu:

Memilih Penginapan
Desa Moni menawarkan kesederhanaan, ini cocok bagi para backpacker. Sebagian besar hotel-hotel di Desa Moni berfasilitas air panas. harganya bervariatif, mulai dari Rp.150 ribu hingga Rp.300 ribu. Jika ingin lebih nyaman, Ende bisa menjadi pilihan yang tepat. karena disini terdapat banyak hotel-hotel yang menawarkan kenyamanan.

Menyiasati Perbekalan
Ini salah satu hal yang penting, karena di Moni hanya terdapat beberapa restoran. Untuk itu, kita perlu menyiapkan energi yang cukup untuk pendakian selama 1 jam ke Danau Kelimutu. Namun jika ingin menjelajahi taman nasional, persiapkanlah makanan yang cukup, terutama air minum.

Berburu Suvenir Lokal
Bagi para wisatawan, berburu kerajinan tangan wajib hukumnya. Berbagai suvenir lokal tersedia di area parkir. Disini kita bisa menemukan kain ikat dan kain tenun khas Flores, yang disetiap kabupatennya motifnya masing-masing.

Menyiapkan Transportasi
Dari Desa Moni, kita bisa menggunakan ojek, mobil, atau moda transportasi umum lainnya untuk membawa ke area parkir sebelum menuju puncak Gunung Kelimutu. Terdapat juga bus ke Ende dari Maumere yang melewati Moni. Orang setempat menyebutnya bus kayu atau oto kol. Dari sana, masih harus berjalan sekitar 15 km menuju lokasi danau.

Memilih Waktu Terbaik
Danau Kelimutu biasanya diselimuti kabut. Dini hari sekitar pukul 03.30 adalah waktu yang paling baik untuk berkunjung. pada waktu ini kita dapat menyaksikan suasana matahari terbit yang menawan. Suasana inilah yang paling baik untuk menyaksikan pemandangan Danau Kelimutu.