Wednesday, October 3, 2012

Wisata Eksotis Pulau Komodo

Pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara ini memang dikenal sebagai habitat asli hewak komodo.  Disini terdapat lebih dari 1000 ekor komodo yang hidup dan berkembang biak. Komodo dikenal sebagai hewan soliter (penyendiri), jadi kita tidak bisa berada dalam jarak terlalu dekat untuk berinteraksi dengannya kecuali dengan pengawalan petugas.
Berbagai aktivitas menarik bisa kita lakukan di pulau eksotis ini, diantaranya:

Diving dan Snorkeling
Bagi kita pecinta keindahan pemandangann bawah laut, disini bisa menjadi tempat yang mengasyikkan. Tempat menyelam yang disarankan yaitu Pantai Merah, Batu Bolong, dan Pulau Tatawa.

Tiga Keajaiban Pulau Komodo
Pulau Komodo hadir dengan beragam pesonanya. au Apa saja yang membuat Pulau Komodo menjadi begitu indah? Inilah 3 hal menarik yang wajib kita kunjungi bila kesana.
1. Pink Beach
Kalau kita dan keluarga biasanya bermain di pantai yang berpasir cokelat atau putih, disini kita menemukan pantai dengan pasir berwarna pink. Tercatat hanya ada 7 buah pantai berpasir warna pink didunia ini, salah satunya di Pulau Komodo. Pasir pink ini berkat campuran pasir putih dan merah.
2. Taman Nasional Komodo
Di taman nasional ini kita bisa melihat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan Asia dan Australia. Selain itu, buat anda yang hobi snorkeling, disini juga surganya ikan dan terumbu karang. Terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu, 70 spesies sponge, dan 1000 spesies ikan. Di sana pula hidup dugong, hiu, 14 jenis paus, lumba-lumba, dan kura-kura.
3. Veranus Komodoensis (Komodo)
Kadal raksasa yang termasuk hewan purba ini pertama kali ditemukan tahun 1910 oleh Peter Owens, direktur Museum Zoologi Bogor. Saat ini populasi komodo hanya bisa ditemukan di Indonesia. Di Pulau Komodo terdapat sekitar 2500 ekor komodo yang termasuk dalam IUCN Red List of Threatened Species.