Monday, October 8, 2012

Batu-batu Berharga

Berlian
Berasal dari atom karbon yang dibentuk dibawah tekanan sangat tinggi dan terkubur amat sangat dalam dibawah tanah. Berlian berharga mahal karena selain cantik, batu ini juga sangat sulit ditemukan di dunia dan melalui proses pengolahan yang sulit. Permukaan berlian tidak bisa basah dengan air, namun sangat rentan terhaadap minyak. Berlian dinilai dari kejelasan (clarity), warna (color), dan potongannya (cut). Indonesia adalah salah satu penghasil berlian yang terbaik.

Amethyst
Amethyst adalah jenis batuan Quartz yang paling berharga dan mudah untuk dikenali. Amethyst memiliki nuansa warna ungu tua hingga merah pucat keunguan. Amethyst dapat ditemukan diberbagai benua, dari Brazil, India, Russia hingga Amerika. Amethyst paling langka dan sangat berharga adalah jenis Deep Russian.

Sapphire
Batu berharga ini terbuat dari jenis mineral corundum, lebih tepatnya aluminium oxide. Pengaruh elemen lain yaitu zat besi, titanium, chromium, copper, atau magnesium membuat sapphire memiliki banyak warna dari biru, kuning, pink, ungu, orange atau hijau. Batu ini bisa ditemukan dilapisan sedimen. Batu Sapphire sangat kuat sehingga tidak hanya digunakan di dunia aksesori saja namun juga alat-alat high-tech seperti komponen optik infrared.

Emerald
Jenis batuan Beryl yang paling berharga. Emerald memiliki warna hijau yang kuat dan memendarkan cahaya yang begitu cantik. Batu Emerald yang paling baik bahkan memiliki harga melebihi harga berlian, namun sayang tidak mudah menemukan Emerald yang sempurna.

Aquamarine
Aquamarine artinya air dan lautan. batuan ini termasuk ke dalam jenis batuan Beryl yang memiliki warna semburat biru, dan biru pucat hingga biru kehijauan. Aquamarine termahal adalah yang berwarna biru aqua yang pekat yang biasa di temukan di Brazil.

Onyx
Onyx adalah batuan jenis Chalcedony Quartz yang biasa ditemukan di Brazil, India, California dan Uruguay. Tekstur batu berwarna hitam ini sangat sempurna. Selain hitam, ada juga Onyx berwarna putih, kemerahan, cokelat, atau yang memiliki garis putih. Onyx bergaris disebut sardonyx. Onyx sangat baik untuk dipahat.

Topaz
Batuan yang sangat keras ini sangat diminati sejak dulu, hingga sekarang. Biasanya Topaz berwarna kuning, cokelat, merah atau bahkan tidak berwarna. Ada juga Topas yang dimodifikasi dengan teknologi sehingga memiliki semburat biru. Batuan eksotis ini sebaiknya dilindungi dari benturan keras.

Rubi
Batuan ini terbentuk dari mineral yang disebut korundum, terdiri dari oksida aluminium. Warna merah disebabkan oleh jejak kromium, sementara semburat cokelat terjadi karena pengaruh zat besi. Rubi paling berharga adalah yang berwarna merah dengan semburat biru.

Opal
Batuan berharga yang memiliki banyak kilau warna. Kilauannya begitu memukau dan warnanya berubah-ubah begitu cantik. Batuan Opal tidak terlalu keras sehingga membutuhkan perlindungan yang baik. Hampir 95% Opal ditemukan di Australia. Opal paling populer adalah opal hitam, opal putih dan opal api, namun yang paling mahal adalah opal hitam. Opal harus sering digunakan karena rentan kelembaban.

Batu berharga buatan
Batuan semacam ini diciptakan menggunakan kandungan mineral yang sama seperti batuan asli, namun semua dibentuk dilaboratorium. Dengan menggunakan peralatan, pembuat batu mencoba menciptakan tekanan dan daya panas menyerupai tekanan dan daya panas yang dihasilkan alam ketika menciptakan bebatuan ini. Batuan yang dihasilkan begitu mirip, dari warna, kekerasan, komposisi,  hingga tampilan. Kadang batuan alami memiliki cacat namun hebatnya batuan buatan tercipta begitu sempurna. Hal ini terjadi karena proses pembentukan dapat di kontrol sepenuhnya didalam laboratorium. Namun kesempurnaan malah membuatnya terlihat palsu. Batuan yang dapat ditiru dengan sempurna adalah batuan Chatham.